Belajar Three Letter Code

Buat yang pernah ato sering naik pesawat pasti sering liat dan ga asing dengan sebuah kata yg terdiri dari 3 huruf seperti "JOG, CGK, DPS, BPN, BDO, BDJ", dan masih banyak lagi. Pasti paham kan maksud dari kata-kata itu? bagi yang belum paham kayaknya artikel ini cocok buat kita belajar. Dan buat yang udah paham juga boleh kok belajar biar makin memahami.

Rangkaian kata-kata yang terdiri dari 3 huruf tadi tu namanya "Three Letter Code". Nah, terus apa itu three letter code? Three Letter Code atau bisa disebut City Code adalah singkatan yg terdiri dari tiga huruf yang mewakili nama Kota atau Bandara bisa berupa singkatan kota tersebut atau mendekati nama kota. Dan dalam menyingkatnya ga boleh asal loh guys, cuz penyingkatan itu udah ada standard bakunya dan berlaku untuk semua penerbangan, bukan hanya domestik aja tapi juga penerbangan internasional semua memakai kombinasi three letter code yang sama.

Trus apa sih pentingnya buat kita-kita yang awam ini yang notabene bukan ticketing staff mempelajari ato setidaknya mengetahui three letter code? Jawabannya penting kalo kita sering menggunakan pesawat terbang ato hanya sekedar buat mudik aja, apalagi belinya via SMS ato Online. Kan biasanya tuh kalo nanya harga rute sering disingkat kan penulisan rutenya... nah, kalo kita paham three letter code asal dan tujuan penerbangan kita kan kemungkinan salah paham soal rute penerbangan bisa diminimalisir. Ga mau kan kalo kita mau ke Pangkal Pinang tapi mendarat di Pontianak cuz kita asal nyingkat nama kota dan ticketing staff ga paham singkatannya...

Berikut beberapa Three Letter Code untuk kota (bandara) di Indonesia

KOTA - THREE LETTER CODE
ACEH - BTJ
AMBON - AMQ
BALIKPAPAN - BPN
BABEL - PGK (PANGKAL PINANG)
BANJARMASIN - BDJ
BANDUNG - BDO
BIAK - BIK
BENGKULU - BKS
CILACAP - CXP
DENPASAR - DPS
DILI - DIL
ENDE - ENE
FAX FAX - FAQ
GORONTALO - GTO
JAMBI - DJB
JAKARTA - CGK
JAYAPURA - DJJ
KENDARI - KDI
KUPANG - KOE
KAIMANA - KNG
LAMPUNG - TKG (TANJUNG KARANG)
LABUAN BAJO - LBJ
MERAUKE - MKQ
MATARAM - LOP (LOMBOK PRAYA)
MANOKWARI - MKW
MEDAN - KNO (KUALANAMU)
MANADO - MDC
MAKASAR - UPG (UJUNG PANDANG)
NABIRE - NBX
PALEMBANG - PLM
PADANG - PDG
PEKANBARU - PKU
PONTIANAK - PNK
PALU - PLW
SEMARANG - SRG
SURABAYA - SUB
SOLO - SOC
TUAL - LUV
TERNATE - TTE
TIMIKA - TIM
TANJUNG PINANG - TNJ
TANJUNG PANDAN - TJQ
YOGYAKARTA - JOG

Segitu dulu guys artikel tentang three letter code ini, semoga bisa berguna kita dan meminimalisir kesalahan rute penerbangan. Setelah ini kita akan lebih mendalami Three Letter Code sambil mengenal ragam budaya, wisata, dan kuliner masing-masing kota.
Copyright © 2013 Berbagi cerita bersama Malaika Travelindo and Blogger Templates - Anime OST.