Kuliner Khas Sulawesi Selatan (Makassar - UPG)



Percuma donk kalo kita ngapalin Three Letter Code tapi ga mengenal juga apa aja yang menarik dari kota-kota itu. Kali ini kami akan memulai dari membahas kuliner khas dari wilayah di Sulawesi Selatan, Makassar yang dalam three letter code sering disebut UPG. Cekidot :

1. Coto Makasar adalah kuliner yang paling populer di Makasar. Coto Makassar terdiri dari berbagai macam rempah dan terdapat potongan daging sapi di dalamnya. Banyak orang yang datang ke Makassar pasti pernah mencicipi


2. Konro Bakar merupakan hidangan khas Makasar yang terbuat dari iga sapi. Dalam pembuatannya, iga sapi diolah hingga benar-benar lunak serta dipadukan dengan bumbu kacang racikan khas Makassar.

3. Pisang Epe dibuat dengan cara pisang dijepit hingga pipih, kemudian dibakar sampai matang. Setelah matang pisang sirami dengan saus yang terbuat dari gula merah, dicampur dengan air daun pandan ditambah dengan garam dan durian yang direbus hingga kental, dan kemudian disiramkan keatas susunan pisang yang disajikan diatas piring

4. Pallubasa adalah salah satu kuliner khas Makasar yang terbuat dari jeroan kerbau ataupun sapi. Sebenernya hampir mirip seperti Coto Makassar, yang membedakan dengan Coto Makassar adalah bumbunya yang diracik khusus. Kemudian kalau Coto Makassar dimakan bersama ketupat, sementara Pallubasa dimakan bersama nasi putih.

5. Es Pisang Ijo terbuat dari pisang yang disajikan dengan es serut, susu kental manis dan sirup cocopandan. Kata ijo itu bukan menunjukkan bahwa jajanan ini terbuat dari pisang hijau tetapi dari tepung pembungkusnya yang berwarna hijau dari daun pandan.

 6. Es Palu Butung adalah es campur gaya Makassar yang merupakan makanan penutup sangat populer dari Makassar, Sulawesi Selatan. Es Pallu Butung ini hampir mirip dengan Es Pisang Ijo.

7. Barongko adalah makanan penutup khas daerah Bugis-Makassar berupa kue pisang yang sangat lembut. Dahulu, Barongko disajikan sebagai hidangan penutup bagi para raja Bugis. Selain itu juga sering disajikan saat acara adat seperti sunatan, pernikahan, syukuran dan lain sebagainya. Hingga kinipun Barongko masih biasa disajikan saat pesta adat.

Itulah guys beberapa kuliner yang ada di Sulawesi Selatan (Makassar - UPG), sebenernya masih ada banyak jenis kuliner di sana yang belum tertulis disini karena keterbatasan si penulis. So, jangan lupa temukan berbagai macam kuliner yang unik dan menarik kalo kalian traveling ke sana ya guys... Happy Traveling ^^
Copyright © 2013 Berbagi cerita bersama Malaika Travelindo and Blogger Templates - Anime OST.