Persiapkan Liburanmu Biar Nggak Over Budget



Nggak pengen donk kalo liburan yang harusnya bikin kita fresh malah menyisakan masalah gara-gara kita terlalu ambisius dalam membelanjakan uang kita? Sebelum liburan ada baiknya kita jauh-jauh hari juga melakukan beberapa persiapan terutama untuk masalah pembiayaan selama liburan. Ada baiknya kita mulai dari menyusun rencana kegiatan selama liburan, mulai dari tempat wisata yang akan dikunjungi, akomodasi penginapan, transportasi, dll. Dan sesuaikan hal itu semua dengan budget kita.

Ingat! Bukan Budget kita yang menyesuaikan perjalanan, TAPI perjalanan kita lah yang menyesuaikan budget!

Berikut tips membuat budget untuk liburan:

1. Tentukan Budget awal! Hal ini bertujuan untuk membatasi pengeluaran yang tidak diperlukan. Caranya dengan membuat perkiraan dan tentunya sesuai dengan budget Anda.

2. Pikirkan Transportasi untuk menuju kesana dan selama di tempat wisata. Inilah yang harus difikirkan, karena transportasi inilah yg menentukan bagaimana perjalanan Anda nantinya. Hal itu dipengaruhi oleh harga tiket dan waktu tempuh perjalanan.
Pertama carilah harga tiket pesawat maskapai yg sering mengeluarkan harga promo. Untuk mengecek harga tiket, Anda bias menghubungi travel agent terpercaya. Misalnya Malaika Travelindo atau melalui website pencari harga tiket. Bila harga tiket pesawat sudah diluar budget, maka cari alternatif lain, bisa melalui  darat, atau laut (bila tujuan liburan Anda masih dapat di tempuh dengan transportasi darat), misal dengan bus, kereta, atau kapal
Soo.. banyak cara untuk mengatasi masalah ini walau membutuhkan waktu. 

3. Penginapan. Setelah masalah transportasi beres, tentunya kita juga butuh penginapan kan? Entah itu hotel, hostel, motel, atau penginapan lainnya. Apabila Anda mempunyai budget berlebih, tentunya hotel bintang lima memberikan kenyamanan dan pelayanan yang sangat memuaskan. Namun bagi Anda yang mempunyai budget terbatas, cukup dengan penginapan yang low cost tapi bersih.

4. Makan. Urusan perut memang tidak dapat diganggu gugat. Untuk breakfast bisa dihemat bila tempat Anda menginap sudah termasuk breakfast. Atau pilihlah makanan yg tentunya low cost dan bersih. Eitsss… tunggu dulu ada tips dan trik nya nih biar gak keblondrok atau kemahalan saat makan.

  • Pilihlah tempat makan yg bersih dan rame, karena biasanya masakannya enak dan fresh.
  • Bila di tempat makan tidak ada daftar menu dan harganya, maka jangan malu bertanya pada penjualnya, jadi kamu tidak over budget apabila harga yang ditawarkan terlalu mahal.
  • Agar lebih hemat pesanlah air putih untuk minum, selain murah juga menyehatkan.
Lumayankan tips dan trik ala mimin ganteng untuk menghemat budget makan?

5. Tempat Wisata atau jalan-jalan. Kalo mau liburan ke daerah wisata tanpa mengunjungi tempat wisatanya sama aja boong kan? Ada baiknya cari referensi tempat wisata yang low cost, bahkan kalo bisa gratis.

6. Oleh-oleh. Kalau di hari-hari terakhir budget kamu masih banyak, bisa untuk beli oleh-oleh untuk kerabat Anda di rumah. Dan saran aja sih, cari oleh-oleh yang menjadi ciri khas tempat Anda berwisata yang sulit kamu temui di daerah asal Anda.

Well, setelah data udah terkumpul. Buatlah plan A, Plan B, Plan C agar banyak pilihan kalo situasanya di lapangan ternyata berubah. Anda bisa juga cari info di travel agent, seperti Malaika Travelindo untuk mendapatkan penawaran paket liburan, karena harga dalam paket liburan tersebut mencakup semua kebutuhan selama liburan, seperti transport selama wisata, penginapan, tempat makan, dll. Jadi Anda hanya menyiapkan bekal uang untuk berjaga-jaga dan berbekanja oleh-oleh.

Bila setelah liburan selesai dan ternyata uang yang Anda anggarkan masih tersisa, simpan saja untuk rencana trip berikutnya !!

Finally, Have a Nice Trip!!!

Copyright © 2013 Berbagi cerita bersama Malaika Travelindo and Blogger Templates - Anime OST.