Tempat Wisata di Jawa Barat [Part 1]

 
Sebuah propinsi yang beribukota di Kota Bandung ini memiliki banyak sekali kota dengan potensi wisata yang menarik dan indah sekali. Kali ini saya pilihkan beberapa tempat wisata di Jawa Barat yang pantas diketahui dan dikunjungi para wisatawan, baik domestik maupun mancanegara.

1. Candi Cangkuang
Merupakan satu-satunya candi Hindu di tatar Sunda dan terletak di Desa Cangkuang, Kecamatan Leles, Kabupaten Garut. Dibangun pada zaman kerajaan Sunda pertama yaitu kerajaan Galih. Keunikan dari Candi ini adalah letaknya yang berada ditengah-tengah danau.
Untuk dapat menuju ke Candi Cakung dengan menggunakan bus dari Bandung ke Leles (sekitar dua jam). Turun di Leles Square dan melanjutkan perjalanan menggunakan ojek dengan tujuan ke danau (3km). Setelah itu di sini kamu dapat menggunakan rakit untuk sampai ke Candi.

2. Situ Patenggang
 
Terletak di Ciwidey sekitar 47 kilometer arah selatan dari pusat kota dengan waktu tempuh sekitar 2 jam perjalanan dari kota Bandung, Jawa Barat. Tidak hanya menawarkan pesona alam, Situ Patengan juga menawarkan sebuah tempat yang cukup terkenal dengan historisnya yaitu Pulau Asmara dan Batu Cinta. Pulau Asmara dan Batu Cinta merupakan sebuah lokasi di tengah danau dengan batu besar sebagai penandanya. Batu inilah yang disebut Batu Cinta dengan ceritanya yang melegenda.
Untuk dapat menuju situ Patenggang dengan menggunakan kendaraan umum Bus atau Elf dari terminal Leuwi Panjang (Bandung) menuju terminal Ciwidey dan dilanjutkan menggunakan angkot yang langsung menuju pintu masuk Situ Patenggang

3. Kawah Putih
 
Kawah Putih adalah sebuah danau kawah dari Gunung Patuha yang terletak di daerah selatan kota bandung, tidak jauh dari obyek wisata Situ patenggang (5km), yaitu berjarak sekitar 46 kilometer dengan waktu tempuh 2,5 jam perjalanan dari pusat kota atau 35 kilometer dari ibukota Kabupaten Bandung, Soreang. Kawah putih terbentuk akibat letusan yang terjadi sekitar abad X dan XII. Danau Kawah Putih memiliki ciri khas dan keunikan yaitu air di danau kawahnya bisa berubah warna, seperti hijau apel, kebiru-biruan bila cuaca terang terkena pantulan matahari, coklat susu, namun paling sering terlihat airnya berwarna putih disertai kabut tebal di atasnya.

4. Tangkuban Parahu
 
Terletak sekitar 30 kilometer di utara kota Bandung, lebih tepatnya di daerah Lembang, sekitar 30 menit dengan menggunakan kendaraan bermotor. Tangkuban perahu terkenal dengan kawahnya, antara lain:
  • Kawah Ratu. Kawah terbesar yang terdapat di kawasan Tangkuban Perahu.
  • Kawah Upas, Terletak di sebelah Kawah Ratu, bentuk Kawah upas lebih dangkal dan mendatar.
  • Kawah Domas. Terletak di bawah Kawah Ratu.

Segini dulu ulasan tempat wisata di Propinsi Jawa Barat, besok mimin akan lanjutin untuk part 2-nya ya guys... 

Lanjutannya bisa di baca di sini loh guys ^^
Copyright © 2013 Berbagi cerita bersama Malaika Travelindo and Blogger Templates - Anime OST.