Tradisi Perayaan Idul Fitri di Indonesia


Selamat hari raya Idul Fitri bagi yang merayakannnya, admin ucapkan mohon maaf lahir dan bathin ya... Seperti kita tahu, Indonesia merupakan negara yang mempunyai berbagai macam suku dan budaya. Nah, dalam merayakan hari raya Idul Fitri pun tiap-tiap daerah di Indonesia juga mempunya tradisi yang berbeda-beda. 

1. Grebeg Syawal - D.I. Yogyakarta
Tradisi grebeg syawal ini dilakukan setiap tanggal 1 Syawal sebagai wujud sedekah dari Sultan kepada rakyatnya. Dalam acara Grebeg Syawal terdapat gunungan yang didalamnya terdapat berbagai hasil bumi seperti kacang panjang, cabai, dan lainnya. Lalu gunungan tadi di perebutkan oleh masyaraka. Masyarakat percaya bila berhasil mengambil hasil bumi yang ada di gunungan akan dapat mendatangkan berkah dan ketentraman.

2. Ngejot - Bali
Menjelang Hari Raya Idul Fitri warga muslim menggelar tradisi “ngejot” atau membagi-bagikan makanan kepada masayarakat sekitar tanpa membeda-bedakan agama yang dianutnya. Sehingga tercipta keharmonisan saat hari Lebaran nanti.

3. Perang Topat - Lombok Barat
Tradisi ini dilakukan satu minggu setelah Sholat Eid. Kegiatannya berupa perang topat dimana warga sekitar saling melempar ketupat satu sama lain. Tradisi ini dipercaya dapat mengabulkan doa-doa mereka yang telah dipanjatkan di Hari Raya Idul Fitri.


4. Meriam Karbit - Pontianak
Malam Takbiran di Pontianak terasa seperti ketika kita di medan perang karena suara meriam akan berdentum semalaman. Meriam berukuran jumbo yang terbuat dari batang kayu ini biasa dipasang di tepian sungai Kapuas. Dahulu, meriam ini dinyalakan untuk mengusir kuntilanak, namun sekarang itu dinyalakan untuk menyambut Hari Raya Idul Fitri.

5. Festival Tumbilotohe - Gorontalo
Tradisi ini mirip dengan Bakar Ilo Sanggari di NTB yang memasang lampu di sekitar rumah.  Lampu yang terbuat dari damar dan getah pohon dipasang sejak 3 malam terakhir menjelang Lebaran. Tujuan festival ini agar masyarakat mudah dalam memberikan zakat fitrah malam hari.  Seiring perkembangan zaman, lampu yang dipasang kini memiliki berbagai bentuk dan warna.



Itulah beberapa tradisi dalam menyambut Idul Fitri di Indonesia. Kita harus bangga hidup di negara yang kaya akan tradisi, dan perlu kita lestarikan budaya yang ada. Kalau tradisi perayaan Idul Fitri di daerahmu seperti apa guys?
Copyright © 2013 Berbagi cerita bersama Malaika Travelindo and Blogger Templates - Anime OST.